SAHABAT..

31 Mar

SAHABAT..

Di post ini saya mau sharing tentang arti persahabatan dalam ‘kamus gue’. Di sini saya bukannya mau menggurui atau apa, tapi kembali pada pembahasan awal, di sini saya mau sharing. Okay?

Enjoy it!

Sahabat adalah orang yang ada buat kita disaat suka dan duka. Sahabat juga orang yang akan mengerti kita, yang mau mendengarkan segala keluh kesah kita. Nggak hanya dalam hal ‘cinta’ yang membutuhkan pengorbanan dan pengertian satu sama lain, tapi persahabatan pun membutuhkannya.

Bila dalam ikatan persahabatan kita telah melakukan pengorbanan dan pengertian, niscaya indahnya persahabatan tidak akan rusak karna hal-hal sepele, kesalah pahaman, maupun kesalahan yang dilakukan oleh sahabat kita entah itu sengaja ataupun tidak disengaja.

Contohnya saja bila hal-hal sepele, persahabatan bisa rusak hanya karena kita lupa mengembalikan uang yang kita pinjam pada sahabat kita, lalu bisa juga hanya karna kita menginjak sepatu sahabat kita ataupun bila kita tidak sengaja merusakkan aksesoris milik sahabat kita.

Sekarang coba kita cari penyebab rusaknya persahabatan karna kesalah pahaman. Hal ini (salah paham) yang selalu mendominasi rusaknya sebuah persahabatan. Mengapa? Tentu saja kerena kurangnya pengertian antara kita dengan sahabat kita. Di satu sisi, sahabat kita sudah bisa mencoba mengererti dan mencoba meminta maaf namun di sisi lain bila kita tidak bisa menerima dan tidak bisa mengerti, maka semuanya akan menjadi runyam. Misalnya saja bila kita tidak saling terbuka satu sama lain, maka bisa terjadi salah paham. Dan masih banyak contoh lain yang bisa menyebabkan persahabatan bisa rusak karena si ‘salah paham’ itu tadi.

Jadi, kita semua tahu kalau pengorbanan dan pengertian penting banget di dalam sebuah persahabatan. Selain 2 hal itu, kita juga nggak boleh saling gengsi sama sahabat kita. Gimana kalau kita gengsi terus? Ancur deh! Masalah nggak bakal bisa kelar kalau yang kita nomer satu kan adalah si ‘gengsi’!

Seandainya kita punya masalah sama sahabat kita, langkah awal yang sebaiknya kita lakukan adalah introspeksi diri. Introspeksi diri adalah hal terampuh yang bisa bikin kita tahu kesalahan kita. Kesalahan kita yang ikut andil dalam masalah kita sama sahabat kita. Setalah introspeksi diri, sebaiknya kita buru-buru minta maaf ke temen kita. Jangan mau keduluan sama si ‘gengsi’ tadi. Tapi sebelumnya, lebih baik kita juga harus saling mengungkapkan apa yang mengganjal hati kita dan yang bikin hati kita dongkol sama sahabat kita. Dengan begitu, kita dengan sahabat sama-sama saling terbuka dan sama-sama mencoba untuk mengubah sikap buruk kita dan sahabat kita yang bikin risih dan menimbulkan masalah.

Oya, ada satu lagi yang bisa buat persahabatan kita rusak lho! Komunikasi! Komunikasi itu penting banget buat persahabatan. Kalau kita nggak saling komunikasi mana mungkin kita bisa menjalin persahabatan? Berhubung saya SD dulu di Tulungagung dan SMP-nya di Malang, saya sebisa mungkin tetap menjaga komunikasi saya dengan sahabat-sahabat saya di sana meski tidak bisa saling tatap muka dengan mengirim sms atau di jejaring sosial fb atau twitter pun bisa. Saya juga pernah di kirimi sms oleh salah satu sahabat SD saya, begini isinya: “kenapa persahabatan bisa putus? Karena kadang kita sama-sama berpikir: ‘ah, mungkin dia lagi sibuk’ akhirnya nggak jadi sms. Terkadang kita berpikir takut gitu. Lama-kelamaan, jadi cuek dan akhirnya muncul pemikiran: ‘ngapain coba aku yang hubungin dia duluan? Dia juga belum tentu mau hubungin aku! Kalau sudah gitu, cinta kasih dalam persahabatan itu sudah berkurang. Hasilnya nggak akan ada lagi hubungan. Semuanya jadi lupa, itu jadi alasanku, kenapa aku ngirim sms ini, itu tandanya kalau aku nggak pernah lupa sama kamu. Aku nggak mau jadi orang seperti yang tadi.”

Sering-sering juga sharing sama sahabat kita biar saling terbuka. Dan mungkin jadi sahabat kita punya solusi buat memecahkan permasalahan yang lagi melanda kita.

So, semoga persahabatan kita tidak rusak karena hal-hal sepele dan salah paham dan dikasih tambahan gengsi yang berkelanjutan jadi cuek bebek. Kelaut aja deh kalau udah gitu!

Dan satu hal lagi, bila kita sedang ada masalah dengan sahabat kita apalagi pas keki banget sama dia. Coba ingat satu hal, dia juga yang selalu ada buat kita, dia juga yang mau mendengarkan curhatan kita, dia juga yang ada di saat kita sedih, dia pula yang pernah membuat kita tertawa, dan dia yang mau menerima segala kekurangan dan kelebihan kita. Cause she is still and forever be your bestfriend, gals!🙂


Tinggalkan Balasan

