Laboratorium Komputer SMPN 5 Malang

21 Nov

Laboratorium komputer atau yang biasa dijuluki ‘lab komputer’ di SMP 5 Malang sangat membantu dalam proses pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) kelas 7, 8, dan 9. Lab komputer SMP 5 Malang memiliki kurang lebih 40 unit komputer yang terkoneksi melalui LAN, Internet, dan server lokal lab. Namun, seiring berlakunya program RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMP 5 Malang ‘keberadaan’ lab komputer itu sendiri sering diabaikan karena rata rata hampir seluruh siswa RSBI membawa laptop pribadi untuk menunjang KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Belum lagi siswa reguler yang juga membawa laptop pribadi mereka ke sekolah. Termasuk saya, siswi kelas 8 reguler, walaupun tidak setiap hari membawa laptop ke sekolah tetap saja, anggapan saya ‘buat apa ke lab komputer kalau sudah membawa laptop sendiri’. Di saat pelajaran TIK pun sekarang kami, siswa reguler (khususnya kelas 8 A) jarang sekali ke lab komputer. Kadang hanya mengerjakan LKS saja atau dijelaskan saja. Tapi terkadang juga bila materi yang sedang dipelajari membutuhkan ujian praktik, kami pun harus ke lab komputer.

Sebenarnya, ‘kondisi’ lab komputer SMP 5 Malang tidak terlalu buruk. 40 unit komputer, speaker, wabcam,  whiteboard, AC dan akses internet sudah dapat dikategorikan baik untuk sebuah lab komputer (menurut saya pribadi). Namun di sisi negatifnya, lab komputer SMP 5 malang masih banyak komputer-konputer yang tidak dapat digunakan. Seperti tidak ada mouse, keyboard, CPU, komputer eror, sulit untuk meng –‘connect’ komputer ke akses internet dan lain sebagainya. Kadang sebal juga kalau mendapat komputer yang seperti ‘itu’. Kalau sudah begitu, biasanya kami menggunakan satu komputer untuk dua atau tiga siswa sekaligus.

Dan sepertinya, SMP 5 Malang sedang merenovasi lab komputer. Mungkin itu sebabnya kami (khususnya siswa kelas 8 A, reguler) jarang sekali ke lab komputer. Pernah saya mengintip sebuah ruangan diantara kelas 8 B dan kelas  7 akselerasi, sepertinya ruangan itu akan menjadi pengganti lab komputer yang lama, tapi saya juga kurang tahu soal ‘renovasi’ tersebut.

Harapan saya, semoga lab komputer SMP 5 Malang menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: